Dibuka 518 Formasi CPNS Kabupaten Lamongan 2019

Pemerintah Kabupaten Lamongan rencananya akan membuka 518 formasi CPNS dan PPPK pada penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) 2019. Lowongan ini berdasarkan jumlah usulan yang telah dijukan ke Kementerian PAN-RB. Namun saat ini usulan itu masih menunggu persetujuan dari pusat.

“Sudah kita kirim usulannya sebanyak 518 formasi baik untuk CPNS maupun PPPK,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lamongan, Bambang Hadjar. Jumlah ini terdiri dari 310 formasi untuk jabatan fungsional guru dan perawat dan sebanyak 208 formasi CPNS umum.

Dalam usulan pegawai negeri baru tersebut, Pemkab Lamongan memerhatikan kebutuhan daerahnya. Termasuk kebutuhan tenaga analis, apoteker, maupun lokasi penempatan nantinya.

Jika diperinci, untuk formasi jabatan fungsional terdiri dari 305 guru dan 5 perawat. “Untuk posisi dalam mengisi jabatan fungsional ini nanti sistem seleksinya adalah melalui PPPK, dan bukan CPNS. Jadi ujiannya berbeda,” tambahnya.

formasi cpns lamongan 2019

Sedangkan untuk 208 formasi CPNS umum untuk tenaga teknisi dan bukan tenaga administrasi. Namun jumlah formasi ini, menurut Bambang, bisa saja bertambah dan berkurang tergantung keputusan pusat.

Kebutuhan Pegawai Kabupaten Lamongan

Lamongan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang paling tinggi. Kabupaten ini terletak di sebelah utara sendiri yang berbatasan langsung dengan laut dan kabupaten sekitarnya. Sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, Kabupaten Gresik di sebelah timur, Kabupaten Jombang dan Mojokerto di sebelah selatan serta Kabupaten Tuban dan Bojonegoro di sebelah barat. Dengan berbatasan langsung dengan kota-kota besar inilah Kabupaten Lamongan menjadi kota yang tak pernah sepi.

Letaknya yang strategi karena menghubungkan dua kota besar yakni Jakarta dan Surabaya membuat Lamongan menjadi lokasi yang ramai dalam pendistribusian. Selain itu, Lamongan juga masuk dalam kategori kawasan strategis nasional. Kawasan ini diberi nama GERBANG KERTO SUSILA (Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan). Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Lamongan.

Baca juga: Pemkot Denpasar Usulkan 5.569 Formasi CPNS 2019

Kawasan yang strategis ini membuat banyak orang yang berkunjung dan menetap di Kabupaten ini sehingga penduduk pun semakin bertambah. Dengan demikian lapangan pekerjaan pun juga harus bertambah.
Berdekatan dengan kota besar yakni Kota Surabaya menjadi keuntungan tersendiri bagi Kabupaten Lamongan. Kabupaten yang memiliki luas wilayah 1.812,8 km2 ini mempunyai berbagai potensi yang cukup besar terutama dalam bidang perdagangan, destinasi wisata, pertanian dan masih banyak lagi. Potensi-potensi inilah yang membuat Kabupaten ini semakin maju dan unggul.

Dari tahun ke tahun, tingkat perekonomian Kabupaten Lamongan terus meningkat. Strategisnya wilayah ini membuat Kabupaten Lamongan menjadi Kabupaten pengembangan yang paling utama di Provinsi Jawa Timur. Dengan demikian, Kabupaten Lamongan terus berupaya dalam meingkatkan kualitas, pengembangan destinasi, berbagai potensi di Kabupatennya.

Lowongan Formasi CPNS Kabupaten Lamongan 2019

Dibukanya lowongan CPNS di Pemerintah Kabupaten Lamongan tentu memiliki alasan yang jelas. Selain untuk mengganti para PNS yang pensiun, juga untuk mengisi tenaga PNS karena kurang. Dengan demikian, kesempatan ini dapat digunakan masyarakat untuk mendaftar Formasi CPNS Lamongan 2019.

Dibukanya CPNS oleh pemerintah tentu dijadikan peluang bagi Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk mendapatkan formasi kuota CPNS sehingga dapat membuka lowongan CPNS di lingkup Kabupaten Lamongan. Pembukaan ini tentunya melalui prosedur yang berlaku. Pemerintah Kota menganalisis terlebih dahulu PNS dalam bidang manakan yang dibutuhkan.
Formasi CPNS Lamongan 2019 ditentukan oleh Aparatur Sipil Negara dengan berbagai pertimbangan.

Pemerintah Kabupaten telah mengusulkan jumlah kuota ke Kementerian Pemberdayaan Reformasi Birokrasi dengan prosedur yang sesuai. Pemerintah Kabupaten Lamongan sendiri akan lebih fokus dengan formasi dalam bidang pendidikan, kesehatan dan teknik. Hal ini menjadi prioritas utama Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam mengisi kursi CPNS. Formasi dapat menjadi bahan pertimbangan pendaftar. Dengan demikian, kesiapan untuk mendaftar CPNS pun sudah matang.

Namun idealnya, menurut Bambang Hadjar, formasi untuk CPNS 30 persen dan untuk PPPK adalah 70 persen. Pemkab Lamongan sendiri mengusulkan 40 persen CPNS dan 60 persen PPPK untuk formasi CPNS Lamongan 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *