Ini Dia Cara dan Alur Pendaftaran CPNS 2019

Buat anda yang berminat menjadi PNS sebaiknya cara dan alur pendaftaran CPNS 2019 agar tidak salah dan kecewa di belakang hari. Sebab jika gagal dalam proses seleksi administrasi anda tidak akan bisa mengikuti tes seleksinya yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2019.

Semua informasi tentang penerimaan CPNS 2019 disampaikan dan bisa diakses melalui website resmi BKN maupun media sosial BKN. Selain itu masyarakat juga bisa mengetahuinya melalui masing-masing instansi pusat maupun daerah yang membuka lowongan CPNS tersebut.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Pelaksana Panitia Seleksi ASN Nasional (Panselnas) juga telah merilis tentang pelaksaan ASN atau CPNS 2019. Nah, buat anda yang berminat untuk menjadi pegawai negeri atau ASN sebaiknya persiapakan diri sejak dini agar tidak kelabakan saat BKN mengumumkan jadwal pelaksanaannya.

Baca juga: Kenali Persyaratan untuk Bisa Mendaftar Rekrutmen CPNS 2019

Sedangkan untuk cara dan alur pendaftaran untuk proses seleksi ASN atau CPNS 2019 akan dilaksanakan secara online melalui website resmi BKN yang beralamat di sscasn.bkn.go.id. Seperti dikutip dari Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan bahwa seleksi penerimaan CPNS dapat diikuti dan dilakukan para peminat secara gratis dan sangat transparan melalui portal resmi sscasn.bkn.go.id dan Computer Assisted Test (CAT).

Mekanisme Pendaftaran CPNS 2019 Secara Online

Buat anda yang ingin mengikuti pendafataran ASN 2019, di bawah ini disampaikan mekanisme pendaftaran CPNS 2019 yang sebaiknya dipahami dengan baik.

penalur pendaftaran cpns 2019

1.Akses Website Resmi SSCASN BKN

Untuk mengetahui informasi maupun mendaftar penerimaan ASN atau CPNS 2019 pelamar harus mengakses portal SSCASN BKN melalui alamat https://sscasn.bkn.go.id. Di website ini calon pelamar juga bisa mencari semua informasi yang berhubungan dengan persyaratan, tata cara, dan alur penerimaan CPNS dan PPPK 2019.

2.Registrasi dan Buat Akun

Untuk bisa mengakses website tersebut, calon pelamar harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan membuat akun baru. Caranya tinggal memilih menu SSCN atau SSP3K di portal SSCASN lalu klik Registrasi.

Pada proses registrasi itu, ada formulir yang mesti diisi dengan data yang benar yang meliputi NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan Nomor KK (Karti Keluarga) atau C1. Sebaiknya anda memastikan bahwa nomor NIK dan KK yang anda miliki sudah sesuai dengan data terkini yang terdaftar pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Sedangkan untuk formasi PPPK, isian yang harus dilengkapi meliputi Nomor Peserta Ujian K-2, Tanggal Lahir, NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga.

Calon pelamar juga harus mengisi alamat email yang masih aktif, membuat password dan pertanyaan untuk keamanan akun anda.

Selanjutnya calon pelamar juga harus mengunggah pass foto terbaru ukuran minimal 120 Kb dan maksimal 200 Kb dengan format JPG atau JPEG.

Terakhir, calon pelamar bisa mencetak kartu informasi akun sebagai pegangan untuk diunggah lagi.

3.Login ke SSCN atau SSP3K

Setelah pelamar memiliki akun resmi, selanjutnya anda bisa melakukan login dengan menggunakan password dan NIK yang telah anda daftarkan. Anda bisa mengakses ke portal SSCN untuk CPNS 2019 dan SSP3k untuk pelamar PPPK 2019 sesuai pilihan anda.

4.Pelamar Harus Melengkapi Data

Langkah selanjutnya yan harus anda lakjukan adalah mengunggah foto diri dalam posisi memegang KTP dan Kartu Informasi Akun. Ini akan digunakan sebagai bukti bahwa anda telah membuat akun resmi.

Anda juga perlu melengkapi biodata, memilih instansi, formasi, dan jabatan yang anda inginkan sesuai dengan pendidikan yang disyaratkan untuk CPNS. Sedangkan untuk pelamar PPPK anda bisa memilih posisi jabatan dan mengisi pendidikan anda.

Setelah itu anda juga harus mengunggah dokumen resmi yang dibutuhkan sesuai persyaratan instansi yang telah ditetapkan.
Selanjutnya anda juga perlu mengecek isian yang anda lakukan pada form Resume. Jika ada yang perlu diubah atau diedit lakukan dengan benar.

Langkah terakhir anda perlu mencetak Kartu pendaftaran anda.

5.Proses Verifikasi

Selanjutnya Tim Verifikator melakukan verifikasi terhadap berkas maupun dokumen yang telah anda unggah pada pendaftaran di atas.
(Mungkin ada persyaratan di instansi tertentu yang mencantumkan bahwa pelamar harus mengirimkan berkas fisik ke alamat yang tercantum sehingga anda juga perlu melaksanakannya.

6.Tahap Seleksi

Bagi calon pelamar yang dinyatakan lulus dalam proses seleksi administrasi akan memperoleh Kartu Ujian. Kartu inilah yang nantinya digunakan untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya sesuai ketentuan dari instansi yang anda pilih formasinya.

7.Pengumuman Hasil Seleksi

Untuk tahap Pengumuman Hasil Seleksi ASN 2019 dan P3K 2019 akan dilakukan pada tahap Hasil Seleksi dan berisi tentang status kelulusan dari calon pelamar.

Demikianlah tata cara dan alur pendaftaran CPNS 2019 yang semoga dapat memberikan informasi yang anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *