Ini Dia Instansi dengan Tunjangan ASN Terbesar

Masalah besarnya gaji dan tunjangan ASN merupakan salah faktor kenapa begitu banyak orang yang berminat untuk menjadi pegawai negeri. Setiap kali ada penerimaan CPNS maka bisa dipastikan jumlah peminat dan pelamarnya akan membludak.

Kabar tentang rencana pemerintah yang telah mengumumkan adanya rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) 2019 pada bulan Oktober mendatang disambut gembira masyarakat. Pengumuman telah disampai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Dalam rekrutmen ASN 2019 ini pemerintah membuka 254.173 lowongan. Jumlah ini terbagi 100.000 untuk ofrmasi CPNS, 100.000 untuk seleksi PPPK Tahap Kedua, sedangkan sisanya telah dilaksanakan seleksi PPPK Tahap Pertama.

Daftar Instansi dengan Tunjangan ASN Terbesar

Pada artikel sebelumnya telah diulas tentang besaran gaji ASN 2019 yang menggiurkan. Namun gaji ini belum termasuk tunjangan ASN yang berbeda untuk setiap instansi. Bahkan pegawai yang di pusat pun akan menerima tunjangan yang berbeda dengan yang di daerah.

tunjangan ASN 2019

Selain itu besaran tunjangan ASN juga ditentukan oleh kinerja, golongan dan masa kerja golongan (MKG), maupun instansi tempatnya bekerja. Berikut ini daftar instansi dengan tunjangan ASN terbesar yang mungkin perlu anda tahu.

Direktorat Jenderal Pajak – Kementerian Keuangan

Sudah bukan rahasia lagi jika Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan merupakan instansi yang memberikan tunjangan kinerja terbesar untuk para PNS-nya.

Seperti dikutip dari Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2015 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Direktorat Jenderal Pajak, tunjangan ASN dengan pangkat terendah adalah Rp 5,36 juta per bulan dan yang tertinggi adalah Rp 117,37 juta per bulan.

Kementerian Keuangan

Kementerian Keuangan (selain Direktorat Jenderal Pajak) merupakan instansi paling banyak diburu calon pelamar. Para ASN yang bekerja di instansi ini akan mendapatkan tunjangan bervariasi.

Untuk pegawai pangkat terendah akan mendapat tunjungan sebesar Rp 2,57 juta per bulan dan pangkat tertinggi mendapat Rp 46,95 juta per bulan. Ini menurut Peraturan Presiden Nomor 156 Tahun 2014 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Badan Pemeriksa Keuangan

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga tak jauh berbeda dan merupakan favorit para pelamar CPNS. Berdasarkan ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 188 Tahun 2014 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan Pemeriksa Keuangan, BPK juga memberikan tunjangan serta gaji cukup besar. Untuk PNS berpangkat rendah mendapat tunjuangan sebesar Rp 1,54 juta perbulan dan yang tertinggi mencapai Rp 41,55 juta perbulan.

Mahkamah Agung

Instansi lain yang juga memberikan tunjangan ASN yang besar adalah Mahkamah Agung. Untuk tunjangan kinerja PNS dengan pangkat terendah di MA sebesar Rp 1,71 juta sampai Rp 1,8 juta per bulan. Sedangkan PNS dengan pangkat paling tinggi bisa mencapai Rp 31,6 juta – Rp 32,6 juta per bulan.

Kementerian Hukum dan HAM

PNS yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) juga mendapat tunjangan kinerja yang besar. Untuk ASN dengan pangkat terendah menerima Rp 2,21 juta, dan yang pangkat tertinggi sebesar Rp 27,57 juta per bulan.

Pemprov DKI Jakarta

Untuk PNS yang bekerja di daerah, PNS yang bekerja di Pemprov dan Pemkot di DKI Jakarta menerima tunjangan tertinggi di Indonesia. Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Gubernur DKI Nomor 193 Tahun 2015, penerimaan take home pay (gaji dan tunjangan) yang mereka terima di atas rata-rata. Untuk tunjangan yang tertinggi bisa mencapai Rp 127 juta.

Itulah berbagai 5 instansi pemerintah yang memberikan tunjangan ASN terbesar, dimana perhitungannya juga tergantung oleh kinerja, maupun golongan dan masa kerja golongan. Meskipun ada perbedaan penerimaan gaji dan tunjangan yang diterima ASN namun dimanapun seorang PNS mengabdi tentunya sudah merupakan kebanggaan karena memberikan kemapanan dan juga berbagai fasilitas penting yang tak akan mereka dapatkan di perusahaan swasta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *