Jawa Timur Buka 2.176 Formasi CPNS 2019

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur akan membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 sebanyak 2.176 formasi. Sedangkan untuk formasi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dibutuhkan sebanyak 996 formasi.

Dari 2.176 formasi CPNS yang disediakan sebagian besar didominasi untuk tenaga kesehatan. Sedangkan dari 996 formasi PPPK sebagian besar untuk posisi guru sebanyak 888 formasi dan 88 formasi untuk penyuluh pertanian.

Foto:detik.com

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi dari Pulau Jawa dengan jumlah penduduk telah menyentuh angka 42.030.633 jiwa. Pulau Jawa memiliki 6 provinsi, namun provinsi Jawa Timur-lah yang memiliki wilayah paling luas diantara keenam wilayah lainnya. Wilayah yang luas ini tentu saja memerlukan formasi CPNS provinsi Jawa Timur 2019 yang memadai.

Kuota CPNS dari BKN Tahun 2019

Pegawai Negeri Sipil adalah sekelompok orang yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh pejabat berwenang yang kemudian harus tunduk dan patuh serta mengutamakan loyalitas kepada negara serta bertugas untuk menyelenggarakan tugas yang diberikan oleh negara.

Baca juga: Ini Dia Cara dan Alur Pendaftaran CPNS 2019

Lowongan kerja untuk menjadi calon pegawai negeri sipil memang banyak ditunggu-tunggu oleh lulusan SMK/D3/S1 dari segala jurusan untuk mendapatkan posisi sebagai aparat negara. Begitupun pada tahun 2019 ini, banyak lulusan freshgraduate yang sangat menantikan informasi lowongan kerja sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Hingga akhirnya BKN mengumumkan jumlah kuota CPNS yang diperlukan oleh negara dan akan ditempatkan di pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah. Formasi CPNS yang diperlukan untuk tahun 2019 adalah sebanyak 254.173 lowongan.

Lowongan tersebut diperinci sebagai berikut, pada pemerintah pusat terdapat 23.213 lowongan untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS), dan 23.212 lowongan untuk calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (CPPPK/CP3K). Untuk CPNS sendiri, banyaknya lowongan untuk pelamar dari sekolah kedinasan adalah 5.696 lowongan, sedangkan untuk pelamar dari kalangan umum sebanyak 17.510 lowongan.

Formasi CPNS Provinsi Jawa Timur 2019

Jika mengacu dari formasi CPNS pada tahun 2018, tidak ada yang bisa dipastikan berapa jumlah kuota CPNS yang dibutuhkan oleh Provinsi Jawa Timur tahun 2019. Hal ini dikarenakan formasi CPNS Provinsi Jawa Timur 2019 belum diberikan keterangan lebih lanjut oleh BKN.

Dalam twitter resminya @BKNgoid, BKN hanya mencantumkan kebutuhan calon pegawai negeri sipil yang dibutuhkan secara keseluruhan, sedangkan BKN tidak mencantumkan formasi calon pegawai negeri sipil yang dibutuhkan di tiap daerah.

Padahal infomasi tentang formasi CPNS provinsi Jawa Timur 2019 menjadi sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pencari lowongan kerja sebagai calon pegawai negeri sipil.

Namun berdasarkan keterangan dari Anom Surahno, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur, seperti dikutip dari Sindo bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur telah mengajukan usulan sebanyak 2.176 formasi. Usulan ini telah disampaikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Baca juga: Kenali Persyaratan untuk Bisa Mendaftar Rekrutmen CPNS 2019

Dari jumlah formasi tersebut terbagi dalam beberapa formasi yang meliputi untuk tenaga kesehatan, administrator, dan tenaga teknis. “Formasi tenaga kesehatan yang paling banyak, yaitu sebanyak 60 persennya,” ujarnya. Jumlah formasi calon ASN 2019 untuk Pemprov Jawa Timur ini diajukan terutama untuk mengganti banyaknya pegawai yang akan memasuki masa pensiun.

Selain ASN, Pemprov Jatim juga mengusulkan lowongan untuk formasi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) sebanyak 996 formasi. Jumlah ini meliputi 888 formasi untuk guru dan 88 formasi untuk tenaga penyuluh pertanian.

Untuk tahun 2018, Provinsi Jawa Timur membuka lowongan pekerjaan sebagai calon pegawai negeri sipil sebanyak 2.065 lowongan. Artinya dari sekian banyak pelamar yang mencalonkan diri sebagai calon pegawai negeri sipil, hanya sekitar 2.065 orang yang diterima. Dari sekian ribu lowongan, yang paling banyak prosentasenya adalah dari bidang pendidikan dan ditempatkan sebagai tenaga pendidik di seluruh wilayah Jawa Timur. Kemudian yang memperoleh peringkat kedua pelamar terbanyak adalah dari tenaga kesehatan.

Itulah informasi tentang kebutuhan Formasi CPNS 2019 untuk Jawa Timur, dan buat anda yang berniat untuk mendaftar sebaiknya mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan sebelum dibuka pendaftarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *