Kabupaten Belitung Buka 311 Formasi ASN 2019

Pemerintah Kabupaten Belitung menyediakan 311 lowongan untuk formasi CPNS dan P3K 2019. Dari jumlah itu terbagi menjadi 149 formasi CPNS dan 162 formasi untuk P3PK.

Sedangkan untuk kota Pangkalpinang dan kabupaten di Pulau Bangka juga akan membuka lowongan ASN 2019. Namun usulan formasi yang telah diajukan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) belum mendapat jawaban.

Seperti telah dipaparkan pada artikel sebelumnya, Kementerian PAN-RB telah mengumumkan secara resmi tentang dibukanya rekrutmen ASN 2019 yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang. Tak kurang dari 250.000 formasi ASN baru akan dibuka.

Foto:okezone.com

Dari jumlah itu terbagi untuk 100.000 untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dan 150.000 untuk formasi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K/PPPK) tahun 2019. Untuk PPPK, seleksi tahap pertama telah dilaksanakan yang menerima sekitar 50.000. Sehingga masih tersisa 200.000 formasi yang seleksinya akan dilaksanakan Oktober 2019.

Formasi Lowongan untuk Bangka Belitung

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung sesuai arahan Kementerian PAN-RB memang telah mengajukan usulan formasi CPNS dan PPPK 2019 yang dibutuhkan untuk provinsi maupun kabupaten kota yang ada di Bangka Belitung. Usulan ini terutama untuk menggantikan PNS yang banyak akan memasuki masa pensiun.

Untuk Pemprov Babel sendiri telah mengajukan tak kurang dari 414 formasi CPNS dan P3K untuk rekrutmen ASN 2019. Dari jumlah itu terbagi 30 persen untuk posisi CPNS dan 70 persen untuk formasi P3K. Formasi ini kebanyakan untuk posisi bidang kesehatan, pendidikan, dan tenaga teknis.

Baca juga: Jawa Timur Buka 2.176 Formasi CPNS 2019

Seperti dikatakan Sahirman Jumli, Kepala BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pihaknya telah mengajukan usulan formasi ASN 2019 dan saat ini masih menunggu persetujuan dari Kemenpan-RB.

Dibandingkan tahun lalu, Pemprov Babel yang mengajukan lebih dari 600 formasi namun yang disetujui hanya 270 formasi atau 30 persennya. Persetujuan ini, menurut Sahirman Jumli, disesuaikan dengan keuangan daerah yang membutuhkan calon PNS baru.

Formasi untuk Kabupaten Belitung

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Belitung untuk penerimaan CPNS 2019 telah mengusulkan sebanyak 1.204 formasi. Namun dari usulan itu yang disetujui hanya 311 formasi saja. Namun menurut H MZ Hendra Caya selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung, angka itu juga bersifat sementara karena masih bisa berubah.

“Nah untuk CPNS semuanya ada 149 formasi dan PPPK itu ada 162 formasi,” kata Hendra sepertti dikutip dari Bangkapos. Jumlah itu terdiri terdiri untuk posisi tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga medis. Jumlah itu terperinci untuk CPNS meliputi 81 formasi guru, 35 tenaga kesehatan dan 33 tenaga teknis. Sedangkan untuk PPPK terdiri dari 98 tenaga guru, 61 tenaga kesehatan dan tiga tenaga teknis.

Formasi untuk Kabupaten Belitung Timur

Sementara itu Kabupaten Belitung Timur telah mengusulkan sebanyak 476 formasi CPNS sedangkan P3K sebanyak 484. Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) saat ini menunggu persetujuan dari Kemenpan-RB tentang usulan tersebut.

Angka yang diusulkan tersebut, menurut Kepala BKPSDM Belitung Timur, Yuspian, merupakan kebutuhan yang diberikan oleh OPD terkait usulan kebutuhan ASN 2019. Pemkab Belitung Timur juga masih menunggu terkait usulan tersebut terutama untuk mengganti PNS yang akan segera memasuki masa pensiun.

Kabarnya, Kementerian PAN-RB mentargetkan penentuan formasi perekrutan CPNS 2019 dan PPPK Tahap II akan dituntaskan pada bulan Agustus ini.

Dengan adanya lowongan CPNS dan PPPK 2019 ini diharapkan bagi yang berminat untuk melamar agar dapat segera mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan agar saat dibuka tidak akan terburu-buru yang justru akan merugikan calon pelamar yang bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *