Kenali Kendala Gagalnya Pendaftaran Seleksi CPNS 2019

Ada sejumlah kendala dalam tahap pendaftaran Seleksi ASN atau CPNS 2019 yang sebaiknya dikenali para calon pelamar. Selain agar tidak gagal dalam tahap seleksi administratif, kendala semacam ini ternyata bisa diantisipasi dan dihindari jika calon pelamar memahami tahapan pendaftaran seperti yang telah ditentukan oleh BKN.

Seperti telah diulas dalam postingan sebelumnya, pemerintah akan membuka penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Tak kurang dari 254.173 formasi ASN dibuka melalui dua jalur, yaitu jalur CPNS sebanyak 100.000 formasi, 100.000 formasi P3K Tahap Kedua, serta sisanya untuk formasi P3K Tahap Pertama yang pelaksanaan seleksinya telah dilakukan sebelumnya.

Untuk pendaftaran CPNS 2019 hingga saat ini memang belum dikeluarkan oleh Badan Kepagewaan Nasional (BKN). BKN sebagai Panitia Seleksi Nasional ASN 2019 masih menggodok dan mempersiapkan segala hal teknik sebelum jadwal pendaftara secara resmi dibuka.

pendaftaran cpns 2019

Untuk proses seleksi CPNS 2019 itu sendiri akan dilakukan secara online dan terintegrasi melalui website resmi dengan alamat http://sscn.bkn.go.id. Melalui situs inilah nantinya setiap calon pelamar harus mengisi data dan mengunggah berbagai persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan pilihan lowongan yang diminatinya.

Selain itu semua proses ujian dalam seleksi CPNS 2019 juga akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang disiapkan oleh BKN.

Kendala yang Terjadi pada Seleksi CPNS 2018

Buat anda yang berminat untuk melamar dan mengikuti proses seleksi penerimaan ASN atau CPNS 2019 hendaknya mengenali betul kendala semacam ini dan menghindarinya agar tidak gagal dalam proses seleksi administratif.

Sepeti dikatakan Kepala Biro Humas BKN (Badan Kepegawaian Negara), Mohammad Ridwan bahwa petunjuk teknis (Juknis) untuk proses pendaftaran CPNS dan P3K 2019 tidak mengalami perubahan dibandingkan tahun sebelumnya. Yang berubah, kata dia, hanya metode saat peserta melakukan pendaftaran maupun pada saat proses ujian seleksi.

Dari pengalaman rekrutmen CPNS tahun 2018 yang lalu, ditemukan berbagai kendala yang menyebabkan tak sedikit calon pelamar yang gagal untuk mengikuti tahap selanjutnya. Kendala ini terutama berkaitan dengan kelengkapan administrative yang sangat elementer.

Berikut ini beberapa kendala yang banyak ditemukan pada proses rekrtutmen CPNS tahun 2018 yang lalu, yaitu:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK) calon pelamar tidak sesuai dengan database yang ada. Hal ni terjadi akibat pelamar tidak melakukan update terhadap database kependudukannya. Kesulitan update ini terjadi baik di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di daerah maupun di pusat.
  • KTP yang diunggah calon pelamar buram, tidak jelas, atau bahkan bukan KTP asli.
  • Ijazah yang diunggah calon pelamar tidak sesuai dengan kualifikasi Pendidikan yang dipersyaratkan dari jenis lowongan yang dipilih.
  • Tak sedikit dokumen pendukung calon pelamar yang dilampirkan ternyata tidak lengkap atau tidak ada.

Itulah sejumlah kendala yang banyak dilakukan calon pelamar dan ditemukan pada proses pendaftaran ASN sebelumnya. Berbagai permasalahan ini menyebabkan calon peserta dianggap tidak memenuhi syarat administrasi. Akibatnya, tak sedikit calon pelamar yang gagal mengikuti tahap berikutnya maupun tahap seleksi.

Oleh karena itu Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam rilis resminya menekankan pentingnya calon pelamar akan mengantisipasi kendala semacam ini dengan mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan dengan baik dan benar.

Calon pelamar CPNS 2019 hendaknya melakuan update terakhir tentang data kependudukannya sebelum mendaftar dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan.

Begitu juga kelengkapan lain yang dibutuhkan agar disertakan sesuai yang diminta oleh instansi yang mensyaratkannya. Termasuk ijasah dan daftar nilai yang akan diunggah telah dilegalisir oleh kampus dimana calon pelamar menamatkan pendidikannya.

Dengan mengenali berbagai kendala seperti disebutkan di atas, diharapkan calon pelamar tidak akan gagal seleksi administrative pada pendaftaran seleksi CPNS 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *