Kenali Persyaratan untuk Bisa Mendaftar Rekrutmen CPNS 2019

Buat anda yang ingin menjadi pegawai negeri sebaiknya mengenal persyaratan  pendaftaran rekrutmen CPNS 2019 yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang. Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan secara resmi tentang lowongan CPNS 2019.

Seperti telah disebutkan pada postingan sebelumnya, pada tahun 2019 ini pemerintah akan membuka lowongan CPNS 2019 sebanyak 254.173. Jumlah itu terbagi untuk formasi CPNS 2019 sebanyak 100.000 dan untuk formasi P3K 2019 sebanyak 100.000. Sedangkan sisanya sebanyak 54 ribu diperuntukkan bagi P3K dan telah dilaksanakan seleksinya tahap pertama.

Foto:tribunnews.com

Untuk memperebutkan kursi sebagai CPNS tersebut diperkirakan tak kurang dari 5,5 juta pelamar yang akan bersaing. Jumlah ini naik hampir dua kalinya dibandingkan tahun 2018 yang diikuti sekitar 3,6 juta pelamar. Karena itulah para calon pelamar diharapkan untuk lebih mempersiapkan diri agar berhasil dalam persaingan tersebut.

Ini Persyaratan Calon Pelamar CPNS 2019

BKN hingga saat ini memang belum memastikan waktu atau jadwal pendaftaran maupun proses seleksi CPNS 2019. Meskipun demikian buat anda yang berminat untuk menjadi pegawai negeri dan ingin mendaftar penerimaan CPNS 2019 dan PPPK 2019 tak ada salahnya mempersiapkan berbagai dokumen yang diperlukan.

Sebagai Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS, BKN menyatakan adanya sejumlah dokumen yang harus disiapkan dan diserahkan saat pendaftaran CPNS tersebut. Berikut ini dokumen yang sebaiknya anda siapkan:

  1. KTP (discan)
  2. Kartu Kartu Keluarga (C1)
  3. Foto diri (baik berwarna maupun hitam putih)
  4. Ijazah pendidikan (telah dilegalisir)
  5. Transkrip Nilai (telah dilegalisir)

Selain dokumen, ada sejumlah persyaratan yang juga mesti dipahami dan dipenuhi calon pelamar lowongan CPNS 2019. Seperti dikutip dari BKN, persyaratan ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menyatakan bahwa setiap Warga Negara Indonesia (WNI) pada dasarnya memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) asalkan mampu memenuhi 9 persyaratan berikut ini:

  1. Usia pada saat melamar yang paling rendah adalah 18 (delapan belas) tahun dan tertinggi adalah 35 (tiga puluh lima) tahun.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  4. Tidak sedang berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat dalam kegiatan politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan Jabatan yang ditentukan.
  7. Sehat jasmani dan rohani (yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter) sesuai dengan persyaratan Jabatan yang akan dilamar.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah
  9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang telah ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian atau PPK.

Itulah berbagai persyaratan umum yang mesti dipenuhi para calon pelamar yang berminat untuk mendaftar rekrutmen CPNS 2019. Selain persyaratan di atas, juga ada persyaratan tambahan untuk masing-masing formasi yang ditentukan tersendiri oleh PPK Kementerian, Lembaga, atau dinas masing-masing. Begitu juga untuk batas usia seperti diatur pada keterangan di atas bisa dikecualikan untuk Jabatan tertentu yang ditetapkan oleh Presiden, yakni paling tinggi 40 (empat puluh) tahun.

Demikianlah berbagai persyaratan yang sebaiknya dikenalil dan dipahami setiap calon palamar yang berminat untuk mendaftar proses rekrutmen CPNS 2019 yang akan dlaksanakan pada Okrober mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *