Pemerintah Akan Buka Lowongan CPNS hingga Tahun 2024

Pemerintah memastikan akan membuka lowongan CPNS hingga tahun 2024. Hal ini untuk memenuhi besarnya kebutuhan pegawai negeri baik di instansi pusat maupun daerah. Karena itu setelah rekrutmen ASN 2019 pemerintah masih akan membuka lagi lowongan yang sama setiap tahunnya hingga 2024.

Kepastian itu disampaikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Syafruddin di Jakarta belum lama ini. Untuk penerimaan ASN tahun 2019 yang akan dilaksanakan Oktober mendatang akan diterima tak kurang dari 250.000 pegawai baru, baik untuk instansi pusat maupun daerah.

Rekrutmen ASN 2019 rencananya akan mulai dilaksanakan setelah acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Bari pada Oktober mendatang. Hingga saat ini informasi tentang keputusan formasi yang diusulkan berbagai instansi juga masih menunggu kebutuhan Kementerian PAN-RB. Namun diperkirakan soal formasi kebutuhan ASN 2019 sudah akan segera dikeluarkan.

lowongan cpns

Rencana akan dibukanya penerimaan PNS baru hingga tahun 2024 tentunya disambut gembira, baik instansi yang ada di pusat maupun di daerah. Bahkan tak sedikit pemerintah daerah yang mengeluhkan kurangnya jumlah pegawai negeri yang ada karena banyaknya yang memasuki masa pensiun.

Baca juga: Ini Dia 5 Instansi dengan Tunjangan ASN Terbesar

Kebijakan zero growth yang diterapkan pemerintah memang telah menghentikan penerimaan pegawai negeri baru sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini ternyata mengakibatkan banyaknya instansi pemerintah, khususnya yang ada di daerah, yang mengalami kekurangan tenaga. Terlebih dengan makin berkembangnya daerah sementara jumlah pegawai yang diterima hanya untuk menutup jumlah PNS yang pensiun.

Besarnya Kebutuhan PNS

Menurut Menteri PAN-RB, kebutuhan pemerintah terhadap pegawai negeri sangatlah besar. Hal ini terutama untuk membawa perubahan dalam hal birokrasi dan pelayanan publik. Hingga pada tahun 2017 tercatat jumlah PNS sebanyak 4,5 juta orang.

“Jumlah masih sangat sedikit. Karena itulah pada tahun 2019 ini kita akan menambah 100.000 lagi. Sehingga diharapkan pada 5 tahun mendatang kita bisa rekrut 25 persen calon PNS yang bertalenta. Untuk 2024 kita juga masih membutuhkan tambahan 200.000 PNS lagi,” katanya.

Baca juga: Waspadai Hoaks dan Praktek Penipuan Berkedok Tes CPNS 2019

Syafruddin membandingkan kondisi jumlah PNS yang bekerja pada pemerintah saat ini dengan Singapura. Indonesia jauh tertinggal dibandingkan negara tetangga itu. Singapura saat ini kabarnya memiliki tak kurang dari 2.000 pegawai negeri yang bertugas melayani total 2 juta jumlah penduduk negara itu.

Sedangkan Indonesia yang berpenduduk sangat besar hingga 250 juta jiwa hanya memiliki 4,5 juta PNS. Tentunya ini masih sangat jauh dari idela untuk mencapai angka 25 persen seperti Singapura. Bahkan jumlah pegawai yang kita miliki belum ideal dalam melayani masyarakat.

Rencana pemerintah untuk mencapai target 25 persen jumlah PNS, menurut Menteri Syafruddin, sesuai dengan visi fokus pemerintah tahun 2019 hingga 2024 yang berpusat pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

“Karena itulah target 25 persen harus kita raih untuk mengubah birokrasi ini, seperti Singapura. Mereka dengan 2 juta penduduk saja memilii 2.000 talenta. Kita dengan 4,5 juta masih jauh, belum 25 persen,” tandasnya.

Karena itulah pemerintah, menurut Menteri PAN-RB, akan terus berupaya untuk meningkatkan PNS kita. Selain dengan menambah jumlah PNS, kualitas pegawai negeri juga akan terus ditingkatkan. Hal ini penting untuk terus dilakukan untuk mengoptimalkan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada negara.

Dengan adanya penerimaan atau rekrutmen PNS yang akan dilaksanakan terus hingga tahun 2024 diharapkan dapat memenuhi target pemerintah tersebut. Informasi ini tentunya juga bakal disambut gembira para pencari kerja terutama yang ingin menjadi abdi negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *