Pemkot Ajukan 1.029 Formasi CPNS Kota Bandung 2019

Pemerintah Kota Bandung mengajukan usulan sebanyak 1.029 formasi CPNS Kota Bandung 2019. Usulan ini diajukan karena adanya kekurangan tenaga PNS di lingkungan pemerintah kota yang mencapai 5500 orang. Kekurangan tenaga ini sudah terjadi sejak tahun 2015

Pada akhir tahun 2019, seleksi CPNS 2019 akan kembali dibuka pada bulan Oktober mendatang. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Syafrudin, bahwa lowongan CPNS 2019 akan dibuka sekitar 100 ribu lebih tenaga kerja yang akan disebar di pemerintah kota dan daerah.

Kabar tersebut membuat sebagian besar orang mulai mencari info mengenai formasi CPNS di tiap wilayah di Indonesia. Salah satunya wilayah Bandung. Berdasarkan data yang ada, Bandung mengalami kekurangan tenaga PNS sebanyak 5500 orang. Kekurangan tenaga kerja di Kota Bandung ini sudah terjadi sejak tahun 2015.

Kendala Kekurangan Tenaga PNS

Tahun 2015 merupakan tahun terakhir di mana Kota Bandung mengadakan seleksi CPNS. Pada waktu itu pemerintah Kota Bandung mengusulkan formasi sebanyak 2700 orang akan tetapi yang diterima hanya berkisar 200 tenaga kerja. Kemudia pada tahun 2017, Kota Bandung telah tercatat mengalami kekurangan tenaga kerja sebanyak 2000 di hampir semua posisi kerja. Hal tersebut membuat pemerintah Kota Bandung memaksimalkan formasi seleksi CPNS pada tahun ini.

formasi CPNS Kota Bandung 2019

Pada seleksi CPNS yang akan diadakan pada tahun 2019 ini belum diketahui pasti berapa formasi yang diterima. Akan tetapi pemerintah Kota Bandung telah mengajukan formasi CPNS Kota Bandung 2019 sebanyak 1029 tenaga kerja. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Yayan Ahmad Brillyana selaku Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung di mana 30 persen dari formasi tersebut akan dikhususkan untuk tenaga pendidik dan kesehatan.

Formasi yang diajukan tersebut diharapkan dapat menutupi kekurangan tenaga PNS di Kota Bandung. Sedangkan untuk mengantisipasi kekurangan tenaga kerja, Pemerintah Kota Bandung akan membuka lowongan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Seleksi yang dilakukan ini tidak jauh beda dengan seleksi CPNS, hanya saja P3K ini berlaku untuk masa kontrak sesuai perjajian.

Baca juga: Kenali Kendala Gagalnya Pendaftaran Seleksi CPNS 2019

Kebutuhan yang masih perlu diisi tenaga kerja PNS sesuai dengan yang disampaikan oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Kepegawaian Kota Bandung, Evi Saleha, terjadi di hampir semua bagian dinas dan badan. Penyebab terjadinya yaitu banyaknya tenaga pendidik di bagian Sekolah Dasar. Sedangkan posisi yang saat ini cukup dibutuhkan yaitu bagian bidang administrasi pemerintahan, pendidikan tingkat lanjut, dan bagian kesehatan.

Untuk tahapan seleksinya tidak jauh beda dari tahun sebelumnya yaitu dimulai dari seleksi admistrasi. Jika peserta lolos, peserta baru bisa mengikuti seleksi tes. Seleksi tes ini akan dilakukan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang terbagi atas bagian 40 persen Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan 60 persen Tes Kompetensi Bidang (TKB).

Hingga saat ini pemerintah Kota Bandung masih menunggu jawaban terhadap usulan formasi yang telah diajukan tersebut. Pemkot berharap persetujuan terhadap usulan itu tidak terlalu kecil karena besarnya kebutuhan tenaga PNS untuk mengurus ibu kota Jawa Barat yang makin dinamis.

Nah buat anda yang tertarik untuk ikut melamar sebagai CPNS 2019 agar segera mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan sebelum jadwal pendaftaran dibuka. Dengan mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari, maka diharapkan anda bisa lolos tahap seleksi administratif. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, banyak calon pelamar gagal di tahap awal karena kesalahan teknis yang sebenarnya bisa diantisipasi.

Siap untuk menjadi peserta CPNS tahun ini? Semoga informasi tentang mengajukan 1.029 formasi CPNS Kota Bandung 2019 ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *