Pemkot Denpasar Usulkan 5.569 Formasi CPNS 2019, Siapkan Persyaratan Dokumennya

Pemerintah Kota Denpasar membutuhkan sekitar 5.569 pegawai negeri sipil (PNS) baru. Termasuk untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Jumlah ini terbagi 30 persen untuk CPNS dan 70 persen untuk PPPK.

Pada tahun ini pemerintah melalui Kementerian PAN-RB telah mengumumkan secara resmi tentang rekrutmen ASN 2019. Tak kurang dari 254.173 lowongan ASN dibuka, masing-masing 100.000 untuk CPNS dan sisanya untuk PPPK. Rencananya, proses pendaftaran ASN 2019 akan dilaksanakan usai pelantikan Presiden atau setelah tanggal 20 Oktober 2019.

Menurut informasi dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar, usulan formasi CPNS Kota Denpasar 2019 itu dilakukan berdasarkan usulan kebutuhan dari semua dinas dan instansi di lingkungan Pemkot Denpasar.

“Sesuai kebutuhan OPD untuk usulan kebutuhan pegawai 2019 totalnya sebanyak 5.569. Jumlah ini untuk semua jabatan,” kata Komang Lestari Kusuma Dewi, Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kota Denpasar seperti dikutip dari Tribun Bali.

CPNS Denpasar 2019

Dikatakan, usulan pegawai ini sesuai dengan ABK (analisa beban kerja), anjab (analisa jabatan), maupun berdasarkan peta jabatan dengan memperhatikan BUP 2019. Jumlah usulan ini juga telah memperhatikan jumlah PNS yang ada saat ini, jumlah penduduk serta luas wilayah Denpasar.

Dokumen yang Dibutuhkan untuk CPNS Denpasar 2019
PNS bukan semata-mata pekerjaan untuk meningkatkan status sosial. Diharapkan bagi calon peserta tes CPNS Denpasar 2019 memahami bahwa PNS adalah pelayan masyarakat. Dengan demikian PNS bertugas melayani dan mempermudah segala kegiatan, mulai dari bidang pendidikan, pemerintahan, dan lain sebagainya.

Kebutuhan tenaga baru untuk mengisi formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memang terus bertambah. Bagi masyarakat yang ingin menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara atau PNS wajib mempersiapkan diri. Pasalnya, pemerintah pusat akan membuka lowongan CPNS di bulan Oktober 2019 mendatang.

Meski terdengar kabar jika ada pembagian kelas usia, namun diperkirakan akan ada perubahan mengenai ketentuan tersebut, khususnya untuk guru honorer. Tidak bisa dipungkiri jika keberadaan guru honorer cukup banyak di Indonesia dan patut diperhatikan. Kegigihan mencerdaskan bangsa setidaknya harus mendapat ganjaran yang sesuai, sehingga banyak usulan kuota lowongan CPNS bagi guru honorer ditambahkan.

Baca juga: Kuota CPNS Telah Diumumkan BKN, Intip Lowongan CPNS Kabupaten Ponorogo 2019

Buat anda yang ingin mengikut dan mendaftar tes CPNS Anda harus tahu persyaratan yang dibutuhkan. Untuk pendaftaran CPNS tahun ini tidak akan jauh berbeda dengan tahun 2018 yang lalu. Ada baiknya Anda memperhatikan uraian yang kami tuliskan kali ini untuk mengetahui dokumen apa saja dan alur pendaftarannya.

  1. Persiapkan Kartu Keluarga (KK)
  2. Persiapkan KTP Elektronik
  3. Ijazah berdasarkan gelar terakhir dan sesuai dengan kebutuhan instansi yang diinginkan
  4. Sertakan transkrip nilai dan pas foto
  5. Ada baiknya Anda menyertakan dokumen penting lain, seperti SKCK misalkan dari pihak instansi/lembaga memerlukannya.

Syarat Ikut Tes CPNS Denpasar 2019

Sesudah menyediakan dokumen-dokumen tersebut, maka Anda harus masuk ke situs resmi SSCN sesudah lowongan Formasi CPNS Denpasar 2019 benar-benar dibuka. Lantas, persyaratan dasar dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk keperluan pendaftaran CPNS, antara lain:

  1. Pendaftarn CPNS minimal berusia 18 tahun, sedangkan usia paling tinggi 35 tahun ketika akan melamar
  2. Kegunaan SKCK adalah untuk menjelaskan jika Anda tidak pernah terjerat dengan tindak pidana berdasarkan kebutusan pengadilan minimal hukuman dua tahun atau lebih.
  3. Calon peserta menyatakan diri tidak pernah diberhentikan secara tidak terhormat sebagai PNS, Polri, TNI, maupun pegawai swasta.
  4. Calon peserta tidak berkedudukan sebagai prajurit TNI, anggota Polri
  5. Tidak berkecimpung di dalam partai, baik sebagai anggota maupun pengurus serta tidak terlibat politik praktis
  6. Mempunyai kualifikasi pendidikan berdasarkan persyaratan jabatan
  7. Sehat jasmani maupun rohani berdasarkan persyaratan yang diperlukan oleh instansi/lembaga
  8. Calon peserta menyatakan diri bersedia ditempatkan di semua daerah Negara Kesatuan Republik Indonesia maupun negara lain sesuai dengan ketentuan Instansi pemerintahan
  9. Calon pendaftar harus menyertakan persyaratan lain jika penjabat pembina Kepegawaian (PPK) membutuhkan dan memintanya.

Itulah informasi tentang formasi CPNS Denpasar 2019 yang semoga bermanfaat untuk anda yang ingin mengikuti rekrutmen ASN tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *