Pemkot Jogja Ajukan 813 Formasi CPNS Yogyakarta 2019

Pemerintah Kota Yogyakarta telah mengajukan usulan sebanyak 813 formasi CPNS Yogyakarta 2019. Usulan tersebut telah diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Aparatur Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Yogyakarta Sarwanto, jumlah yang diusulkan itupun merupakan revisi dari usulan sebelumnya sebanyak 3.079 formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2019.

“Jumlah tersebut sebenarnya jauh lebih kecil dibandingkan dari pengajuan sebelumnya. Jumlah formasi awal yang diajukan adalah 3.079 ASN. Namun, Kemen PAN-RB meminta agar jumlahnya ditekan lagi,” katanya di Yogyakarta.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Yogyakarta Maryoto mengatakan,
Pengajuan usulan terhadap kebutuhan formasi ASN 2019 untuk pemrintah kota telah disampaikan melalui sistem e-formasi langsung ke Kementerian PAN dan RB. “Semuanya sudah tersistem dan kami masih menunggu keputusan pusat tentang formasi yang kami ajukan,” ujarnya.

formasi cpns yogyakarta 2019

Seperti telah ditulis dalam postingan sebelumnya, Kementerian PAN-RB telah mengumumkan secara resmi penerimaan ASN atau CPNS 2019. Menurut rencana seleksi ASN akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2019 mendatang secara serentak. Tak kurang dari 250.000 lowongan CPNS 2019 dibuka untuk tahun ini

Kebutuhan ASN 2019 Pemkot Yogyakarta

Seperti dituturkan Kepala BKPP Kota Yogyakarta, dari 813 formasi ASN untuk Kota Yogyakarta sebagian besar diprioritaskan untuk posisi tenaga guru, tenaga kesehatan, dan infrastruktur

“Biasanya Kementerian PAN-RB yang memutuskan kebutuhan untuk Kota Yogyakarta jauh lebih sedikit dari formasi yang diajukan,” ujar Sarwanto, seperti dikutip dari situs pemkot Yogyakarta. Bahkan jumlah ASN yang disetujui kementerian jauh lebih kecil dibandingkan jumlah ASN yang memasuki masa pensiun.

Baca juga: Pemkab Buka 830 Formasi CPNS Kabupaten Malang 2019

Untuk perincian posisi dari 813 formasi ASN untuk Kota Yogyakarta yang diajukan, terdiri dari 168 formasi untuk tenaga guru, 164 formasi untuk tenaga kesehatan, 64 formasi untuk tenaga teknis, dan 417 formasi untuk tenaga fungsional umum (termasuk formasi untuk tenaga infrastruktur).

Sedangkan dari 168 formasi untuk tenaga guru itu sendiri diperuntukkan bagi guru SD sebanyak 99 formasi dan 69 formasi untuk tenaga guru SMP.

Keputusan akhir terhadap penetapan jumlah formasi dari Kementerian PAN dan RB nantinya yang akan dijadikan dasar penerimaan tenaga ASN untuk pemerintah kota Yogyakarta.

Sementara itu jumlah pegawai negeri di Pemerintah Kota Yogyakarta yang akan segera pensiun, menurut catatan BKPP sebanyak 323 orang. Apalagi selama tiga tahun terakhir pemerintah kota tidak membuka rekrutmen ASN sehingga jumlah pegawai akan makin banyak berkurang.

“Peneriman CPNS terakhir yang dilakukan Pemkot Yogyakarta adalah pada tahun 2014 dengan menerima sebanyak 74 formasi dari sekitar 800 formasi yang kami usulkan,” tambahnya.

Kebijakan Minus Growth

Menyangkut kondisi saat ini, Kepala BKPP Kota Yogyakarta menuturkan bahwa Pemkot Yogyakarta sebenarnya mengalami kekurangan tenaga PNS sebanyak 5.147 pegawai. Jumlah itupun berdasarkan hasil penghitungan yang dilakukan pada akhir Desember 2017 yang lalu. Saat ini tentunya jumlahnya telah meningkat lagi.

“Saat ini jumlah pegawai di jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta hanya sebanyak 5.577 pegawai. Padahal kebutuhan idealnya adalah 10.724 orang,” ucapnya.

Kebijakan minus growth yang diterapkan pemerintah diakuinya membawa konsekuensi pada kurangnya jumlah ASN yang bisa diterima. Jumlah pegawai negeri baru yang bisa diangkat biasanya jauh lebih sedikit dibanding jumlah pegawai yang memasuki masa pensiun.

Demikianlah informasi tentang usulan pengajuan formasi ASN untuk mengisi lowongan di jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta. Bagi calon pelamar yang berminat untuk mendaftar pada rekrutmen ASN 2019 diharapkan agar segera mempersiapkan segala dokumen maupun berkas persyaratan yang dibutuhkan. Pemkot Jogja sendiri berharap pengajuan usulan 813 Formasi CPNS Yogyakarta 2019 banyak yang disetujui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *