Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka Usai Pelantikan Presiden

Pelaksanaan rekrutmen aparatur sipil negara atau ASN 2019 dipastikan akan dilaksanakan setelah acara pelantikan Presiden. Karena itu pendaftaran CPNS 2019 baru akan bisa dilaksanakan setelah tanggal 20 Oktober 2019.

Kepastian itu dikemukakan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Syafruddin di Jakarta belum lama ini. “Iya, dibuka Oktober setelah acara pelantikan Pak Presiden. Jadi nanti sesudah tanggal 20 Oktober,” katanya.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengumumkan tentang rencana penerimaan ASN baik untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap dua. Tak kurang ada 100.000 fromasi untuk CPNS dan 150.000 untuk formasi PPPK.

Pengumuman pemerintah ini disambut gembira masyarakat yang ingin mendaftar untuk mencadi PNS. Apalagi sudah beberapa tahun terakhir pemerintah tidak membuka lowongan CPNS sehingga informasi terbaru ini memberikan kabar gembira yang sangat ditunggu.

Besarnya minat masyarakat untuk mendaftar lowongan ASN 2019 ini sudah diperkirakan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Bahkan Kepala BKN, Bima Haria Wibisana memperkirakan jumlah peserta pelamar ASN 2019 akan mencapai 5,5 calon pelamar.

tes cpns
Suasana tes CPNS 2018 (Foto:okezone.com)

Jumlah ini hampir dua kali lipatnya dibandingkan jumlah pelamar CPNS tahun 2018 yang lalu. Untuk tahun lalu, jumlah pelamar tercatat sebanyak 3.636.251 juta yang terdiri dari 1.446.460 pelamar untuk memperebutkan kursi di 76 instansi pusat dan 2.189.791 orang pelamar yang berebut lowongan di 481 instansi di daerah.

Finalisasi Formasi ASN 2019

Hingga saat ini Kementerian PAN-RB masih mengolah berbagai usulan formasi yang diajukan berbagai instansi di pusat maupun di daerah. Kemenpan RB hingga saat ini masih menunggu beberapa usulan formasi yang terlambat dalam mengajukan usulan formasinya.

Namun Kementerian PAN-RB mentargetkan akan bisa memfinalkan untuk penentuan tentang formasi CPNS 2019 dan PPPK Tahap II pada bulan Agustus 2019 ini. Informasi tentang formasi ini sudah ditunggu para calon pelamar agar lebih bisa mempersiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan sesuai formasi dibuka.

Syarat Ikut Tes CPNS 2019

Nah, buat anda yang tertarik untuk mengikuti seleksi pada penerimaan ASN atau CPNS 2019 agar segera mempersiapkan diri. Baik menyangkut berbagai dokumen yang harus disiapkan, persyaratan yang ditentukan, hingga perkembangan informasi terbaru lainnya.

Sesudah menyediakan dokumen-dokumen tersebut, untuk pendaftaran ASN 2019 antinya akan dilakukan melalui ke situs resmi SSCN. BKN sebagai pelaksana teknis seleksi ASN 2019 menjamin bahwa proses seleksi dan peneriamaan ASN 2019 ini akan belangsung terbuka dan transparan.

Lantas apa saja persyaratan untuk bisa ikut pendaftaran CPNS 2019? Seperti ditentukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), persyaratan yang harus dipernuhi calon pelamar antara lain:

  1. Pendaftarn CPNS minimal berusia 18 tahun, sedangkan usia paling tinggi 35 tahun ketika akan melamar
  2. Kegunaan SKCK adalah untuk menjelaskan jika Anda tidak pernah terjerat dengan tindak pidana berdasarkan kebutusan pengadilan minimal hukuman dua tahun atau lebih.
  3. Calon peserta menyatakan diri tidak pernah diberhentikan secara tidak terhormat sebagai PNS, Polri, TNI, maupun pegawai swasta.
  4. Calon peserta tidak berkedudukan sebagai prajurit TNI, anggota Polri
  5. Tidak berkecimpung di dalam partai, baik sebagai anggota maupun pengurus serta tidak terlibat politik praktis
  6. Mempunyai kualifikasi pendidikan berdasarkan persyaratan jabatan
  7. Sehat jasmani maupun rohani berdasarkan persyaratan yang diperlukan oleh instansi/lembaga
  8. Calon peserta menyatakan diri bersedia ditempatkan di semua daerah Negara Kesatuan Republik Indonesia maupun negara lain sesuai dengan ketentuan Instansi pemerintahan
  9. Calon pendaftar harus menyertakan persyaratan lain jika pejabat pembina kepegawaian (PPK) membutuhkan dan memintanya.

Itulah berbagai persyaratan yang sebaiknya diperhatikan oleh calon pelamar agar tidak gagal dalam proses seleksi administrasinya. Semoga informasi tentang pendaftaran CPNS 2019 yang akan dilaksanakan usai pelantikan Presiden ini bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *