Provinsi Jawa Tengah Buka 2.000 Lowongan Pada ASN 2019

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan membuka lebih dari 2.000 lowongan baru pada penerimaan ASN 2019. Formasi ini baik untuk posisi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Informasi lowongan pekerjaan sebagai calon pegawai negeri sipil memang selalu diburu oleh para pencari kerja dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan pekerjaan sebagai PNS sangatlah menjanjikan, terjamin gajinya serta stabilitas kemapanannya.

Oleh karena itu banyak lulusan sarjana yang telah berpengalaman ataupun freshgraduate yang sangat menantikan informasi lowongan CPNS ini. Terlebih lagi di provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak sekali perguruan tinggi ternama, lowongan kerja sebagai CPNS selalu diburu peminat.

Badan Kepegawaian Negara merupakan sebuah lembaga nasional yang bertugas menangani urusan kepegawaian di Indonesia, termasuk urusan pegawai negeri sipil. Pada setiap periode pembukaan lowongan calon pegawai negeri sipil, BKN (Badan Kepegawaian Negara) bertugas sebagai pelaksana dalam proses rekrutmen tersebut.

Baru-baru ini BKN telah mengeluarkan pernyataan terkait penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 untuk seluruh wilayah di Indonesia. Kuota yang disediakan cukup banyak. Yaitu sekitar 254.173 lowongan. Dan seperti biasa, lowongan calon pegawai negeri sipil untuk tingkat daerah akan jauh lebih banyak daripada calon pegawai negeri sipil untuk bagian pusat.

Kuota Formasi CPNS Jawa Tengah 2019

Seperti dikatakan Sekda (Sekretaris Daerah) Jawa Tengah Sri Puryono, kuota ASN Jawa Tengah 2019 memang tak jauh berbeda dibandingkan tahun 2018. Pada tahun lalu, Pemprov Jateng membuka 1.926 formasi pegawai yang terdiri dari 864 orang tenaga pengajar, 803 orang tenaga kesehatan, dan tenaga teknis 259 orang.

Untuk tahun ini, formasi CPNS Jawa Tengah 2019 masih diutamakan untuk tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan. Sedangkan untuk tenaga penyuluh, menurut Sri, sekarang jumlah honorernya sebanyak 1.000 orang lebih.

Baca juga: Waspadai Hoaks dan Praktek Penipuan Berkedok Tes CPNS 2019

Besarnya jumlah pegawai yang dibutuhkan Jawa Tengah tak lepas dari luasnya wilayah ini. Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian tengah pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah memiliki ibukota yang terletak di kota Semarang. Provinsi Jawa Tengah memiliki wilayah kekuasaan seluas hampir 32.548 km. Provinsi ini juga meliputi Kepulauan Karimun Jawa serta Pulau Nusakambangan.

Jawa Tengah memang terkenal sebagai jantungnya kebudayaan Jawa. Hal ini dikarenakan nilai-nilai luhur budaya Jawa sangat kental di provinsi Jawa Tengah di antara provinsi lain yang ada di pulau Jawa. Ada juga daerah di provinsi Jawa Tengah yang masih memegang erat kebudayaan keraton, diantaranya adalah daerah keraton Solo (Surakarta) dan daerah keraton Yogyakarta.

Provinsi Jawa Tengah juga dikenal karena memiliki beberapa universitas ternama yang telah mendunia dan menempati rangking 10 besar universitas terbaik di Indonesia. Universitas tersebut adalah Universitas Gajah Mada yang berada di Yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret. Hal ini menyebabkan Jawa Tengah menjadi salah satu penyumbang lulusan universitas berstatus freshgraduate yang cukup banyak.

Para lulusan sarjana di daerah Jawa Tengah juga banyak yang memburu informasi tentang formasi CPNS Provinsi Jawa Tengah 2019. Padahal BKN belum menyertakan dengan jelas rincian formasi CPNS untuk setiap daerah, sehingga para pencari kerja dari daerah Jawa Tengah harus lebih bersabar lagi untuk menunggu pengumuman. Akan lebih baik jika waktu penantian tersebut digunakan sebaik mungkin untuk melengkapi dokumen persyaratan mendaftar CPNS, sehingga ketika waktunya telah tiba maka para pelamar bisa langsung mengaplikasikan lamarannya pada website penerimaan CPNS.

Demikianlah informasi tentang rencana Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang akan membuka 2.000 lowongan Pada ASN 2019 yang semoga bermanfaat untuk anda yang mmbutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *