Sebanyak 490 Kuota CPNS Ngawi 2019 Akan Jadi Rebutan

Pemerintah Kabupaten Ngawi rencananya akan menerima sekitar 490 formasi pada rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) 2019. Baik untuk formasi Calon pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Untuk khusus untuk PPPK sebagian telah dilaksanakan seleksinya pada Tahap I.

Seperti dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Ngawi, Yulianto Kusprasetyo, pihaknya masih menunggu keputusan Kementerian PAN-RB terhadap usulan di atas. Namun dia berharap persetujuan pusat tak terlalu jauh dari usulan karena banyaknya pegawai yang akan pensiun dan kebutuhan pemerintah kabupaten.

Dari sebanyak 490 formasi, terperinci menjadi 149 formasi CPNS dan 341 formasi sisanya untuk PPPK. Namun jumlah untuk PPPK akan dikurangi 137 formasi yang telah dilaksanakan seleksinya pada tahap I.

cpns ngawi 2019

Sedangkan posisi formasi yang dibutuhkan, menurut Yulianto Kusprasetyo, terutama tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis dengan keahlian tertentu. Untuk formasi PPPK hanya dicari tenaga pendidikan dan kesehatan saja.

Kebutuhan Pegawai di Kabupaten Ngawi

Kabupaten Ngawi adalah salah satu kabupaten yang terdaftar sebagai bagian dari provinsi Jawa Timur. Jawa Timur dikenal sebagai salah satu pusat kawasan bagian timur di bagian timur wilayah Indonesia. Jawa Timur terdiri atas kawasan Jawa Timur hingga Pulau Madura.

Jawa Timur memiliki sebuah ibukota yang termasuk kedalam kota terbesar ketiga di Indonesia, yaitu kota Surabaya. Salah satu kota di kabupaten Jawa Timur yang terkenal dengan budaya dan produk lokalnya adalah kota Ngawi.

Baca juga: Dibuka 518 Formasi CPNS Kabupaten Lamongan 2019

Menurut informasi yang dicantumkan di laman web resmi kota Ngawi, ngawikab.go.id, kota Ngawi memilih tanggal 7 Juli sebagai hari jadinya. Kota Ngawi merupakan kota yang banyak ditumbuhi bambu, sehingga nama kotanya pun berasal dari bahasa Jawa “awi” yang artinya bambu. Kata “awi” kemudian dirubah menjadi Ngawi dengan tambahan kata “ng” di depan kata “awi”.

Ibukota dari kabupaten Ngawi adalah Kecamatan Ngawi. Kabupaten Ngawi berbatasan dengan kota-kota dari Provinsi Jawa Timur maupun dari Provinsi Jawa Tengah. Untuk wilayah kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dnegan kota Ngawi yaitu Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora, Kabupaten Sragen, serta Kabupaten Karanganyar.

Wilayah Kabupaten Ngawi memiliki luas 1.298,58 km2, dan memiliki 19 kecamatan serta 217 desa. Empat diantara 217 desa tersebut berbentuk kelurahan. Bupati Kabupaten Ngawi telah berganti sebanyak 25 kali, dan tahun 2019 Bupati Ngawi tetap dipegang oleh Ir. H. Budi Soelistyono setelah sebelumnya beliau juga menjabat sebagai Bupati Ngawi tahun pemerintahan 2010 hingga 2015.

Ngawi memiliki produk lokal yaitu kripik tempe asli Ngawi. Kabupaten Ngawi juga memiliki banyak objek wisata, salah satunya adalah air terjun Srambang. Pemandian Tawun, Kebun Teh Jamus, Air Terjun Pengantin, serta Waduk Pondok juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata di kota Ngawi.

Formasi CPNS Kabupaten Ngawi 2019

Pemerintah Kabupaten Ngawi saat ini sesungguhnya membutuhkan banyak pegawai negeri sipil untuk mengurus administrasi kepemerintahan. Menurut informasi dari BKN Pusat, memang benar ada sekitar 254.173 lowongan CPNS yang tersedia, namun untuk pembagiannya ke tingkat provinsi, kabupaten atau kota, harus menunggu keterangan lebih lanjut.

Kepastian formasi CPNS Kabupaten Ngawi 2019 belum diketahui secara pasti jumlahnya, namun pengumuman ini bisa anda lihat di website resmi BKN atau BKD Kabupaten Ngawi. Karena memang Kabupaten Ngawi sangat memerlukan adanya tenaga kerja sipil untuk membantu pemerintah mengurusi urusan administrasi yang ada. Dengan demikian kinerja Pemerintah Kabupaten Ngawi akan selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Menurut Kepala BKPP Ngawi, Yulianto Kusprasetyo, seleksi PPPK tahap II akan dibuka secara umum khususnya untuk tenaga honorer yang minimal memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).

Itulah informasi tentang usulan 490 kuota cpns ngawi 2019 yang telah diajukan dan saat ini pihaknya menunggu keputusan pusat untuk finalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *