Waspadai Hoaks dan Praktek Penipuan Berkedok Tes CPNS 2019

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menyerukan agar masyarakat mewaspadai berita hoaks dan praktek penipuan berkedok Tes CPNS 2019 yang mulai marak. Setelah pemerintah mengumumkan secara resmi tentang rekrutmen ASN 2019, belakangan banyak beredar berita hoaks yang tidak bisa dipercaya kebenarannya.

Selain kabar burung yang berseliweran, rekrutmen CPNS juga sering dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggungjawab yang ingin menangguk di air keruh. Karena itulah masyarakat diminta hati-hati dan tidak mudah percaya dengan berbagai berita hoaks maupun tawaran iming-iming lolos CPNS denan imbalan tertentu.

Berita Hoaks yang Mewarnai Rekrutmen CPNS 2019

Buat anda yang berminat untuk mengikuti rekrutmen ASN 2019 tak ada salahnya mengetahui berbagai berita hoak yang sempat muncul. Dengan informasi ini diharapkan anda bisa lebih berhati-hati. Berikut ini beberapa berita hoaks yang mewarnai rekrutmen CPNS 2019.

berita hoaks asn 2019

Beredar kabar bahwa tenaga honorer yang telah berusia di atas 35 tahun dapat diangkat jadi PNS tanpa melalui tes atau seleksi lagi. Kabarnya, berita ini bersumber dari sebuah surat yang beredar dengan mengatasnmamakan sebagai rekomendasi dari Menpan RB ke BKN Pusat.

Terkait kabar ini Kepala BKN telah memberikan bantahan dan menyebutnya sebagai berita hoaks yang tidak benar. Menurut ketentuan, syarat untuk bisa mengikuti seleksi ASN 2019 adalah berusia paling rendah 18 dan tertinggi adalah 35 tahun untuk CPNS.

Baca juga: Ini Dia 5 Instansi dengan Tunjangan ASN Terbesar

Sedangkan tenaga honorer yang selama ini telah mengabdi dan berumur 35 tahun ke atas bisa mengikuti seleksi untuk formasi PPPK. Bahkan seleksi PPPK Tahap Pertama telah dilaksanakan yang kebanyakan diikuti para tenaga honorer tersebut.

Tips Terhindar dari Praktek Penipuan

Penyelenggaraan seleksi ASN 2019 tak berbeda jauh dengan CPNS 2018 yang lalu. Pemerintah selalu berupaya bertindak tegas dan transparan agar tidak terjadi kecurangan. Karena itulah jika anda berniat mengikuti seleksi ASN 2019 sebaiknya jangan mudah percaya dengan iming-iming akan lolos CPNS dengan membayar sejumlah uang.

Bagi anda yang ingin mengikuti seleksi CPNS maka silakan mengecek berbagai kabar tentang CPNS 2019 hanya melalui website resminya. Supaya anda terhindari dari berbagai tindak penipuan yang mengatasnamakan tes CPNS 2019 maka berikut ada beberapa tips yang bisa anda terapkan.

1.Pantau Terus Situs Resmi Pemerintah

Sebaiknya jangan mudah percaya oleh situs yang tidak jelas pengelolanya namun mengatasnamakan panitis CPNS. Agar memperoleh informasi yang resmi dan terpercaya silakan selalu memantau website resmi pemerintah maupun situs lainnya yang berakhiran go,id. Selain itu pastikan mengikuti akun sosial media yang telah bercentang biru agar terjamin keresmiannya.

2.Daftar Resmi dan Sah hanya Melalui Situs BKN

Sesudah anda memperoleh pengumuman ASN 2019 melalui website resmi maka silakan lakukan registrasi pendaftaran pada situs resmi ASN yang dikelola BKN. Biasanya pendaftaran ini hanya dilakukan pada situs resmi BKN saja.

3.Seleksi Gratis

Perlu anda ketahui bahwa seleksi CPNS 2019 tidak dipungut biaya alias gratis sehingga anda perlu waspada bila ada pihak yang meminta sejumlah uang untuk pendaftaran CPNS 2019. Sebab pemerintah secara resmi menyelenggarakan seleksi CPNS tanpa memungut biaya sepeserpun dari peserat.

4.Tolak Penawaran Oknum Nakal

Selama ini banyak orang yang sangat terobesei menjadi seorang PNS hingga akhirnya rela melakukan apapun agar bisa lolos tes CPNS. Hal ini justru dimanfaatkan oleh oknum nakal yang mengaku sebagai pihak lembaga pemerintah. Padahal pemerintah tidak pernah meminta biaya apapun dan transparan. Bila ada pihak yang menawarkan lolos CPNS dengan membayar sejumlah uang maka anda perlu waspada.

5.Cek Kembali Semua Informasi

Perlu anda ketahui bahwa formasi CPNS termasuk formasi CPNS 2019 tidak diinformasikan pada media nasional melainkan hanya melalui portal resmi SSCN. Dengan demikian anda jangan mudah memberikan data pribadi anda melalui situs yang mengatasnamakan protal CPNS.

Itulah sedikit tips agar terhindar dari praktek penipuan seleksi ASN 2019 yang sebaiknya anda perhatikan dan semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *