Ingin Jadi Pegawai Negeri? Kenali Materi Soal Tes CPNS 2019

Buat anda yang ingin mengikuti penerimaan ASN 2019, sebaiknya mengenali materi soal tes CPNS 2019. Kabarnya, bahan ujian yang digunakan termasuk dalam kategori ketrampilan berpikir tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS).

Materi soal tes CPNS 2019 tampaknya tak akan jauh berbeda dengan tes-tes yang dilakukan sebelumnya. Bahan tes disusun dan dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Kedua instansi masuk sebagai anggota panselnas.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai panitia seleksi nasional (panselnas) ASN 2019 didukung sejumlah instansi. Seperti dituturkan Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, Kemendikbud dan Kemenristek Dikti yang memikul tugas untuk membuat soal tes CPNS.

Saat ini panselnas sedang melakukan evaluasi terhadap materi dan bahan soal-soal seleksi CPNS pada tahun lalu. Evaluasi ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan yang ada. “Bukan berarti soal atau materi seleksi untuk tahun ini lebih sulit. Ini hanya untuk menyesuaikan dengan tantangan masa kini saja,” katanya seperti dikutip dari Jawa Pos.

materi soal tes cpns 2019

Untuk tingkat kesulitan tes CPNS 2019, menurut Ridwan, tidak berubah dibandingkan tahun sebelumnya. Hanya, soal tes tahun ini memiliki tantangan yang berbeda dari sebelumnya. “Bentuk soalnya itu HOTS. Itu istilah dari Kemendikbud dan Kemenristek Dikti,” tambahnya.

Karaktreristik Materi Soal Tes CPNS 2019 yang HOTS

Tentang karaktreristik materi soal CPNS 2019 yang HOTS, Ridwan membeberkan sejumlah contoh yang wajib diketahui pada calon pelamar.

Soal tes yang HOTS, menurut Ridwan, terletak pada tes karakteristik kepribadian (TKP) yang jumlahnya mencapai 35 soal. Soal-soal tes TKP ini akan meminta calon peserta CPNS nantinya untuk memilih jawaban yang benar terhadap suatu keadaan atau dalam menghadapi suatu kasus dalam kehidupan sehari-hari.

Pada beberapa tahun yang lalu tidak ada kasus penyebaran ujaran kebencian maupun informasi yang bersifat hoaks. Namun saat ini terjadi banyak kasus penyebaran berita hoaks secara luar biasa. “Karena itulah materi soal harus update. Jadinya terkesan seperti lebih sulit dari tes tahun sebelumnya,” katanya.

Dengan adanya perubahan materi soal CPNS 2019 ini diharapkan ASN yang nantinya lolos dan diterima bisa menyesuaikan dan melayani masyarakat dengan tantangan baru yang ada.

Selain itu, materi soal yang mesti lebih diperhatikan adalah soal tes atau seleksi kompetensi dasar (TKD/SKD). Ada 3 materi yang masuk dalam tes SKD ini, yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes karakteristik pribadi (TKP), dan tes inteligensia umum (TIU).

Dari pengalaman seleksi CPNS 2018 yang lalu, umumnya peserta CPNS kesulitan dalam mengerjakan soal tes karakteristik pribadi (TKP). Bahkan materi soal ini menjadi momok yang banyak diperbincangkan. Tak sedikit peserta yang gugur dan gagal karena nilai TKP-nya yang rendah dan tidak masuk syarat passing grade.

Diperkirakan materi soal tes CPNS 2019 akan jauh lebih sulit. Bukan hanya pada tes TKP-nya saja namun juga materi soal TIU dan TWK diperkirakan tidak lebih mudah dibandingkan tes tahun 2018 yang lalu.

Namun seperti dikatakan Ridwan, kesannya materi soal tes CPNS sulit. Padahal sesungguhnya hanya menyesuaikan dengan kondisi terkini saja. Karena itulah diharapkan buat calon peserta ASN 2019 agar selalu mengupdate informasi dan pengetahuan kekinian agar lebih bisa mengerjakan soal tes CPNS.

Nah, buat anda yang berniat untuk mengikuti dan mendaftar lowongan CPNS 2019 sebaiknya mulai mempersiapkan segala sesuatunya. Meskipun pendaftarannya baru akan dibuka setelah Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Baru mendatang, persiapan sudah semestinya dilakukan sejak dini.

Ridwan memberikan sedikit bocoran tentang tips, kiat, atau strategi penting yang mesti dilakukan calon peserta agar berhasil lolos tes kemampuan dasar (TKD). “Mindset-nya adalah sudah jadi pegawai negeri sipil,” tegasnya. Artinya, saat mengerjakan soal, bayangkan saja anda sudah menjadi PNS yang dituntut untuk memberikan solusi terhadap pertanyaan atau persoalan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *