Kenali Cara Penilaian dalam Test CPNS 2019

Buat anda yang tertarik mendaftar dan mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2019 sebaiknya mengetahui cara penilaian dalam Test CPNS 2019. Tidak seperti anggapan umum, ternyata tidak ada istilah jawaban yang benar atau salah karena semua jawaban dianggap benar. Hanya bobotnya saja yang akan menentukan hasil akhir dari ujian tertulis tes CPNS itu.

Pada postingan sebelumnya telah dipaparkan bahwa test seleksi CPNS 2019, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) akan menggunakan teknologi CAT (Computer Assisted Test) saat ujian tertulis. CAT ini merupakan platform UNBK (ujian nasional berbasis komputer) berdasarkan standar yang telah ditentukan. Dengan teknologi ini pula semua hasil jawaban peserta akan langsung diketahui hasilnya.

Nah, dalam penerapan teknologi CAT BKN ini penilaian terhadap jawaban peserta ternyata dilakukan tanpa ada jawaban yang dianggap salah. Semua jawaban peserta dalam tes CPNS dianggap benar. Sedangkan nilai akhir diperoleh dari bobot dari setiap jawaban yang ada.

cara penilaian test cpns 2019

Bobot nilai untuk setiap jawaban dalam tes CPNS tentu saja berbeda-beda. Menurut keterangan dari BKN, bobot ini meliputi dari angka tertinggi 4, 3, 2, dan yang terendah adalah 1. Tidak ada nilai 0 untuk jawaban yang diberikan peserta ASN. Dari total nilai inilah anda bisa melihat apakah hasilnya bisa melewati nilai passing grade yang telah ditetapkan oleh BKN.

Materi Soal Test CPNS 2019

Dengan teknologi CAT BKN ini maka tes CPNS 2019 tak berbeda dengan tes CPNS 2018 yang dilaksanakan dengan menggunakan komputer. Buat anda yang pernah mengikuti tes CPNS tahun sebelumnya mungkin sudah tak asing dengan alat ini. Dengan sistim pilihan ganda, peserta tinggal mengklik dengan mouse untuk memilih jawaban yang menurutnya benar.

simulasi CAT BKN

Buat anda yang baru pertama kali mengikuti tes CPNS 2019, anda bisa mencoba melakukan simulasi langsung di komputer CAT milik BKN. Untuk melakukannya silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Kunjungi website CAT BKN dengan alamat: http://cat.bkn.go.id/
  2. Setelah itu lihat di menu atas dan pilih menu SIMULASI.
  3. Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa memanfaatkan layanan ini. Gunakan saja email apa saja yang anda miliki karena akan ada email konfirmasi yang terkirim ke email anda.
  4. Setelah itu anda tinggal pilih menu MULAI SIMULASI CAT dengan login dari akun yang telah anda daftarkan.

Mengerjakan soal tes CPNS dengan komputer CAT BKN cukup mudah. Apalagi akan ada informasi tentang sisa waktu yang ada dan terpampang di komputer sehingga anda bisa mengatur waktu saat mengerjakan soalnya.

Sistem Penilaian Tes CAT CPNS

Teknologi CAT BKN untuk pelaksanaan ujian tertulis seleksi CPNS 2019 tak berbeda jauh dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. Begitu juga untuk cara penilaian dalam test CPNS 2019 masih sama dengan tahun sebelumnya.

Tes Kemampuan Dasar atau TKD yang akan diujikan dengan CAT BKN ini terdiri dari 100 soal yang harus dijawab peserta dalam waktu tertentu. Soal ini terbagi dalam tiga kelompok yang terdiri dari:

  • 35 soal TKP dengan skala penilaian dari 5-1 dan tidak ada nilai 0.
  • 35 soal TIU dengan nilai 5 jika benar dan 0 jika salah.
  • 30 soal TWK dengan nilai 5 jika benar dan 0 jika salah.

Untuk cara penilaian tes CPNS 2019 dilakukan sebagai berikut:

Jika semua soal dijawab dengan tepat, maka nilai maksimum yang akan diperoleh seorang peserta adalah 500 dan nilai minimumnya adalah 35. Dalam ujian CPNS ini tidak ada pengurangan nilai.

Dengan mengacu pada Peraturan Menteri (Permen) PAN-RB No.35 Tahun 2013 adalah nilai ambang batas TKD atau nilai passing grade untuk seleksi CPNS adalah sebagai berikut:

  • 60% dari nilai maksimal TKP 175 yaitu 105
  • 50% dari nilai maksimal TIU 175 yaitu 75
  • 40% dari nilai maksimal TWK 150 yaitu 70

Lantas bagaimana jika ada jumlah peserta yang melebihi kuota formasi yang lolos passing grade?

Kelulusan peserta ujian CPNS memang dilakukan berdasarkan nilai passing grade. Namun jika jumlah peserta yang melewati nilai ambang batas kelulusan melebihi kuota formasi, maka penetapan akhir dilakukan berdasarkan rangking nilai tertinggi.

Dengan memahami cara penilaian dalam test CPNS 2019, maka anda sebaiknya mempersiapkan secara optimal agar bisa lolos dalam seleksi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *